RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Gresik
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI MIPA/ GANJIL
Materi
Pokok : Komponen Kimia
Sel
Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran
A.
KOMPETENSI INTI
KI. 3 Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI. 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
B.
KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
KD.3.1 Menjelaskan komponen kimiawi penyusun sel,
struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil
kehidupan
|
3.1.1 Mendefinisikan
pengertian sel
3.1.2 Menentukan komponen kimia
sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
3.1.3 Menjelaskan struktur
dan fungsi organel-organel sel
3.1.4 Menjelaskan perbedaan
sel tumbuhan dan sel hewan
3.1.5 Menjelaskan proses
yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan
|
|
KD.4.1Menyajikan hasil pengamatan mikroskopik
struktur sel hewan dan sel tumbuhan sebagai unit terkecil kehidupan
|
4.1.1 Menggambar sel
lengkap dengan bagian-bagianya dari hasil studi literatur
4.1.2 Membuat preparat
sel tumbuhan (epidermis bawang merah) dan sel hewan (epitel rongga mulut)
4.1.3 Mengidentifikasi bagian-bagian sel dari hasil pengamatan dengan
menggunakan mikroskop
4.1.4 Mengukur diameter sel tumbuhan/sel hewan
dalam satuan milimeter, mikrometer
4.1.5 Menyajikan data hasil pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan
|
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kajian literatur dan diskusi informasi, peserta didik diharapkan
dapat:
1. Mendefinisikan pengertian sel dengan benar
2. Menentukan komponen kimia
sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan dengan tepat
3. Menjelaskan struktur dan fungsi organel-organel sel dengan benar
Melalui
proses mengamati, menanya,
berdiskusi, melaksanakan percobaan, mengasosiasi dan
mengkomunikasikan, peserta didik
dapat:
4. Menjelaskan perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan dengan cermat
5. Menjelaskan proses yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil
kehidupan dengan tepat
6. Menggambar sel lengkap dengan bagian-bagianya dari hasil studi
literature dengan cermat
7. Membuat preparat sel tumbuhan (epidermis bawang merah) dan sel hewan
(epitel rongga mulut) dengan benar
8. Mengidentifikasi bagian-bagian sel dari hasil pengamatan dengan
menggunakan mikroskop dengan teliti
9. Mengukur diameter sel tumbuhan/sel hewan dalam
satuan milimeter, mikrometer dengan cermat
10. Menyajikan data hasil pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan dengan jujur
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Fakta
a.
Makhluk hidup tersusun oleh sel
b.
Komponen anorganik penyusun sel
c.
Organel-organel penyusun sel
2.
Konsep
a.
Pengertian sel
b.
Ciri-ciri sel
3.
Prinsip
a. Teori-teori sel
b. Perbedaan antara
sel tumbuhan dengan sel hewan
c. Perbedaan sel
prokariotik dan sel eukariotik
4.
Prosedur
a. Prosedur pembuatan preparat sel tumbuhan dan sel
hewan
b. Prosedur percobaan pengamatan sel tumbuhan dan sel
hewan
c.
Prosedur pengukuran
diameter sel tumbuhan /sel hewan dibawah pengamatan mikroskop
5.
Metakognitif
Strategi pengamatan dan menggambar objek yang terlihat dengan menggunakan
mikroskop
REMIDIAL
Materi
diperoleh berdasarkan hasil analisis penilaian harian yang mencakup materi
reguler tersebut di atas
PENGAYAAN
a. Materi kekinian tentang biologi molekuler yang
mendukung penyusunan karya tulis ilmiah
b. Pemberian materi biologi sel sebagai pendalaman
dalam membahas soal-soal SBMPTN maupun soal-soal Olimpiade Biologi
E.
PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran :
Saintifik
Model Pembelajaran : Pertemuan 1. Problem
Based Learning (PBL)
2.
Discovery Learning (DL)
3.
Discovery Learning (DL)
4.
Problem Based Learning (PBL)
Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi, observasi,
percobaan.
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke satu (2 x45 menit) – Model
Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
|
Langkah
Pembelajaran
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
Orientasi
§ Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, berdoa dan menyanyikan
lagu Kebangsaan Indonesia Raya
untuk memulai pembelajaran.
§ Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
§ Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran
dengan memberi pertanyaan
”Bagaimana kabar kalian hari ini?”.
Apersepsi
§ Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.
§ Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitan nya dengan pelajaran: “Mikroorganisme
berikut mana yang tersusun atas sel: virus, bakteri, protista, tumbuhan,
hewan?”
Motivasi
§ Memberikan gambaran tentang manfaat mempe lajari pelajaran yang akan
dipelajari. Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang komponen
kimia penyusun sel, ciri hidup pada sel yang ditunjukkan oleh struktur,
fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil
kehidupan.
Pemberian Acuan:
§ Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
§ Memberitahukan tentang Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Tujuan
Pembelajaran
|
10’
|
|
Kegiatan Inti
|
1.Orientasi peserta didik kepada masalah
|
§ Pada kegiatan ini guru melakukan
brainstorming dimana peserta didik dihadapkan pada pengamatan gambar/video sel
hewan dan sel tumbuhan
§ Peserta didik menemukan berbagai masalah misalnya:
o
Virus dan bakteri apa
termasuk sel?
o
Apa ciri-ciri sel?
o
Apa perbedaan sel
prokariotik dan eukariotik?
o
Bagaimana struktur sel
prokariotik?
o
Bagaimana struktur sel
eukariotik?
o
Mengapa sel disebut unit
struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup?
o
Bagaimana komponen kimia
penyusun sel?
o
Bagaimana struktur dan
fungsi bagian-bagian sel?
|
70’
|
|
2.Mengorganisasikan peserta didik
|
§ Pada tahap ini guru membantu peserta didik mendefinisikan
dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan komponen
kimia penyusun sel, ciri hidup pada sel yang ditunjukkan oleh struktur,
fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil
kehidupan.
§ Peserta didik dikelompokkan secara heterogen,
masing-masing kelompok mengkaji lembar kegiatan non eksperimen..
§ Peserta didik mendiskusikan hal-hal yang harus
dikerjakan dan konsep-konsep yang harus didiskusikan serta
pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab untuk memecahkan masalah.
|
||
|
3. Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
§
Peserta didik berdiskusi
dalam kelompok mengumpulkan informasi untuk menciptakan dan membangun ide
mereka sendiri dalam merumuskan masalah terkait materi dalam LKPD
§
Peserta didik
mengidentifikasikan alternatif solusi terkait masalah yang dirumuskan dari hasil
membaca buku referensi maupun pengalaman hidup.
§
Guru membimbing siswa
dalam memecahkan masalah
|
||
|
|
4.Mengembang kan
dan menyajikan hasil karya
|
§
Peserta didik menjawab
pertanyaan dalam LKPD dan menyajikan dalam bentuk laporan tertulis.
§
Peserta didik
mempresentasikan laporan pembahasan hasil temuan alternatif solusi dan
penarikan kesimpulan.
|
|
|
5.Menganalisa dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
§
Peserta didik dibimbing
guru melakukan analisis terhadap pemecahan masalah yang telah ditemukan
peserta didik.
§
Mendiskusikan hasil
pengamatan dengan memperhatikan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan.
§
Menyimpulkan peran materi struktur
penyusun sel yang mendukung fungsi kehidupan.
§
Guru melakukan evaluasi
hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari peserta didik.
|
||
|
Penutup
|
|
Peserta didik :
§ Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
§ Mengagendakan pekerjaan rumah.
§ Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada
pertemuan berikutnya tentang sel
tumbuhan dan sel hewan di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
§ Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
§ Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
Menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyi kan lagu Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam.
|
10’
|
Pertemuan
Ke Dua (2 jp x 45 menit) - Model Pembelajaran Discovery Learning (DL)
|
Langkah
Pembelajaran
|
Sintak
Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
Orientasi
§ Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, berdoa dan menyanyikan
lagu kebangsaan Indonesia Raya
untuk memulai pembelajaran
§ Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
§ Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran
dengan memberi pertanyaan
”Bagaimana kabar kalian hari ini?”.
Apersepsi
§ Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.
§ Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitan nya dengan pelajaran: “ Apa
penyebab sel tumbuhan bentuknya tetap sedangkan sel hewan bisa berubah bentuk?”
Motivasi
§ Memberikan gambaran tentang manfaat mempe lajari pelajaran yang akan
dipelajari. Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang Perbedaan antara sel tumbuhan dengan sel hewan
terutama tentang organel-organel penyusunnya.
Pemberian Acuan:
§ Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
§ Memberitahukan tentang kompetensi
dasar, tujuan pembelajaran
Pembagian kelompok belajar.
|
10’
|
|
Kegiatan Inti
|
1.Stimulation (stimullasi/ Pemberian rangsangan)
|
§ Pada kegiatan ini guru meminta peserta
didik mengamati gambar
/video tentang sel tumbuhan dan sel hewan.
Gambar sel hewan dan sel tumbuhan
§
Membaca buku tentang
karakteristik sel tumbuhan dan sel hewan, serta organel-organel penyusunnya.
|
70’
|
|
2.Problem Statemen (pertanyaan/ Identifikasi masalah)
|
§ Peserta
Didik diminta menyusun
pertanyaan sebanyak mungkin yang berkaitan dengan Perbedaan antara sel tumbuhan dengan sel hewan
terutama tentang organe-organel penyusunnya berdasarkan
pengamatan gambar/ video dan membaca buku.
Contoh pertanyaan:
o Apa
perbedaan antara sel tumbuhan dan hewan?
o Mengapa
sel hewan bisa berubah bentuk?
o Sel
tumbuhan disusun oleh organel apa saja?
o Sel
hewan disusun oleh organel apa saja?
o Sel
tumbuhan tidak punya sentriol, bagaimana proses pembelahan selnya?
|
||
|
3.Data Collection (pengumpulan Data )
|
Setelah kegiatan
tanya jawab Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengumpulkan informasi/ data yang relevan untuk
menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
§ Studi pustaka tentang perbedaan antara sel tumbuhan dengan sel hewan
terutama tentang organel-organel penyusunnya dari
buku teks.
|
||
|
4.Data Processing (Pengolahan Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah data hasil pengamatan
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja (LKPD).
|
||
|
5.Verification
(Pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengolahan data dan memverifikasi hasil pengolahan data yang diperoleh dari
berbagai sumber tentang: Perbedaan
antara sel tumbuhan dengan sel hewan terutama tentang organel-organel
penyusunnya dari hasil pengamatan maupun buku teks.
|
||
|
6.Generalization
(generalisasi/
menarik kesimpulan)
|
§ Mendiskusikan dan menyimpulkan perbedaan antara sel tumbuhan dengan sel hewan terutama
tentang organel-organel penyusunnya yang menunjang
kehidupan.
§ Mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan.
|
||
|
Penutup
|
|
Peserta didik :
§ Membuat resume dengan bimbingan guru tentang poin-poin
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
§ Mengagendakan pekerjaan rumah.
§
Mengagendakan
materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu persiapan praktikum pengamatan sel
tumbuhan dan sel hewan
Guru :
§ Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
§ Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyi kan lagu Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam.
|
10’
|
Pertemuan ke Tiga (2 x 45 menit) – Model Pembelajaran Discovery Learning (DL)
|
Langkah
Pembelajaran
|
Sintak
Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
Orientasi
§ Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, berdoa dan menyanyikan
lagu Kebangsaan Indonesia Raya
untuk memulai pembelajaran
§ Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
§ Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran dengan
memberi pertanyaan
”Bagaimana kabar kalian hari ini?”.
Apersepsi
§ Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.
§ Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitan nya
dengan pelajaran: “Mengapa sel tumbuhan bentuknya tetap? Sedangkan sel
tumbuhan bentuknya bisa berubah?”
Motivasi
§ Memberikan gambaran tentang manfaat mempe lajari pelajaran yang akan
dipelajari. Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang Perbedaan antara sel tumbuhan dengan sel hewan
tentang organel-organel penyusunnya..
Pemberian Acuan;
§ Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
§ Memberitahukan tentang kompetensi
dasar, tujuan pembelajaran
Pembagian kelompok belajar.
|
10’
|
|
Kegiatan Inti
|
1.Stimulation (stimullasi/ Pemberian rangsangan)
|
§ Pada kegiatan ini guru meminta peserta
didik menyimak petunjuk praktikum tentang pengamatan sel tumbuhan
dan sel hewan dengan membuat preparat basah.
§
Membaca buku referensi
dan menyimak LKPD tentang perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan.
|
70’
|
|
2.Problem
Statemen (pertanyaan/ Identifikasi masalah)
|
§ Setelah
menyimak petunjuk praktikum, Guru memberi kesempatan kepada peserta didik
untuk bertanya apabila masih ada yang belum paham tentang langkah kerja
praktikum.
§ Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan
sel tumbuhan dan sel hewan melalui kegiatan belajar, contohnya:
o Mengapa
pembuatan preparat basah menggunakan sel epidermis bawang merah dan sel
epitel rongga mulut?
o Apa
tujuan menggunakan larutan metilen blue?
|
||
|
3.Data Collection (pengumpulan Data )
|
Setelah kegiatan
tanya jawab Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengumpulkan informasi/ data yang relevan untuk
menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
§ Pembuatan
sediaan/ preparat basah sel epidermis bawang merah.
§ Pengamatan
sel tumbuhan yang terdapat pada preparat basah sel epidermis bawang merah di
bawah mikroskop.
§ Menggambar
sel epidermis bawang merah yang terlihat di mikroskop lengkap dengan
keterangannya.
§ Pembuatan
sediaan/ preparat basah sel epitel rongga mulut.
§ Pengamatan
sel hewan yang terdapat pada preparat basah sel epitel rongga mulut di bawah
mikroskop
§ Menggambar
sel sel epitel rongga mulut yang terlihat di mikroskop lengkap dengan
keterangannya.
§ Mencatat
data hasil praktikum .
|
||
|
4.Data Processing (Pengolahan Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah data hasil pengamatan dan
analisis data dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja (LKPD).
|
||
|
5.Verification
(Pembuktian)
|
§ Peserta didik mendiskusikan hasil
pengolahan data dan analisis data yang
diperoleh dari hasil praktikum.
§ Peserta didik memverifikasi hasil pengamatan selama praktikum
dengan data-data hasil pengamatan mikroskop elektron yang diperoleh dari buku refensi/ buku pegangan peserta
didik.
|
||
|
6.Generalization (generalisasi/ menarik kesimpulan)
|
§ Pada tahap ini peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan yang
mendukung fungsi kehidupan.
§ Mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan tentang perbedaan
sel tumbuhan dan sel hewan dari hasil pengamatan secara nyata.
|
||
|
Penutup
|
|
Peserta didik :
§ Membuat resume dengan bimbingan guru tentang poin-poin
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
§ Mengagendakan pekerjaan rumah.
§ Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada
pertemuan berikutnya tentang mekanisme
kerja sel untuk menjalankan fungsi kehidupan di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
§ Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan laporan praktikum
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
§ Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyi kan lagu Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam.
|
10’
|
Pertemuan ke Empat (2 x 45 menit)- Model Pembelajaran
Problem Based Learning
|
Langkah
Pembelajaran
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
Orientasi
§ Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, berdoa dan menyanyikan
lagu Kebangsaan Indonesia Raya
untuk memulai pembelajaran.
§ Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
§ Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran
dengan memberi pertanyaan
”Bagaimana kabar kalian hari ini?”.
Apersepsi
§ Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.
§ Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran: “Bagaimana sel mencerna makanan?”.
Motivasi
§ Memberikan gambaran tentang manfaat mempe lajari pelajaran yang akan
dipelajari. Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang mekanisme kerja sel untuk menjalankan fungsi kehidupan.
Pemberian Acuan;
§ Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
§
Memberitahukan tentang Kompetensi
Inti, Kompetensi Dasar, Tujuan
Pembelajaran
|
10’
|
|
Kegiatan Inti
|
1.Orientasi peserta didik kepada masa lah
|
§ Pada kegiatan ini guru meminta peserta
didik mengamati tayangan video mekanisme kerja sel
§ Membaca buku dan mengamati gambar/model tentang mekanisme kerja sel untuk
menjalankan kehidupan (pencernaan makanan, fagositosis, autolisis).
|
70’
|
|
2.Mengorganisasikan peserta didik
|
§ Pada tahap ini guru membantu peserta didik
mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan
masalah.
§ Peserta didik dikelompokkan secara heterogen,
masing-masing mengkaji lembar kegiatan.
§ Peserta didik menyiapkan konsep-konsep yang harus
didiskusikan serta pertanyaan yang harus dijawab untuk memecahkan masalah.
|
||
|
3. Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
§
Peserta didik berdiskusi
dalam kelompok mengumpulkan informasi untuk menciptakan dan membangun ide
mereka sendiri dalam merumuskan masalah terkait materi dalam LKPD
§
Peserta didik
mengidentifikasikan alternatif solusi terkait masalah yang dirumuskan
§
Guru membimbing siswa
dalam memecahkan masalah
|
||
|
|
4.Mengembang kan
dan menyajikan hasil karya
|
§
Peserta didik menjawab
pertanyaan dalam LKPD dan menyajikan dalam bentuk laporan tertulis.
§
Peserta didik
mempresentasikan laporan pembahasan hasil temuan alternatif solusi dan
penarikan kesimpulan.
|
|
|
5.Menganalisa dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
§
Peserta didik dibimbing
guru melakukan analisis terhadap pemecahan masalah yang telah ditemukan
peserta didik.
§
Mendiskusikan hasil
pengamatan dengan memperhatikan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan.
§
Menyimpulkan peran materi mekanisme kerja sel untuk
menjalankan fungsi kehidupan (pencernaan makanan, fagositosis, autolisis). dalam kehidupan.
§
Guru melakukan evaluasi
hasil belajar menge nai materi yang telah dipelajari peserta didik.
|
||
|
Penutup
|
|
Peserta didik :
§ Membuat resume dengan bimbingan guru tentang poin-poin
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
§ Mengagendakan pekerjaan rumah.
§ Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada
pertemuan berikutnya tentang transport
membran, sintesis protein, reproduksi sel di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
§ Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian portofolio.
§ Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
Menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyi
kan lagu Nasional/Daerah dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam.
|
10’
|
G.
PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN
PENGAYAAN
|
No
|
Aspek
|
Teknik
|
Instrumen Penilaian
|
|
1
|
Sikap
|
-
Observasi kegiatan diskusi
-
Observasi kegiatan prakttikum
-
Jurnal
|
-
Lembar observasi
-
Catatan
|
|
2
|
Pengetahuan
|
-
Tes tertulis
|
-
Soal pilihan ganda
|
|
3
|
Ketrampilan
|
-
Praktik
|
-
Lembar penilaian
|
Catatan:
1.
Pembelajaran Remedial:
Dilaksanakan segera setelah ada siswa yang belum mencapai KKM
2.
Pengayaan:
Peserta didik yang mendapat nilai diatas 75
diberikan tugas mengkaji materi penerapan konsep fungsional sel dalam kehidupan
sehari-hari dan mengerjakan soal-soal yang
ada dibuku teks.
3.
Instrimen Penilaian, kunci jawaban dan pedoman penskoran
(pada lampiran)
H. MEDIA/ ALAT, BAHAN DAN
SUMBER BELAJAR
1.
Media/alat : -Lingkungan sekolah, foto/gambar sel, laptop,
LCD
-Mikroskop, objek dan cover gelas, tusuk gigi, pipet tetes, silet.
2. Bahan
: bawang merah, rongga mulut/pipi, metelin
blue, aquades
3.
Sumber Belajar :
-Sulistyowati, Endah dkk. 2015. Buku SISWA Biologi untuk SMA kelas XI. Penerbit Intan
Pariwara, Jakarta
-Buku Biologi Campbel, Edisi ke 5, Jilid 1, Erlangga
-Buku Biologi XI, Dyah Aryulina
dkk, Esis
-Buku Biologi XI, Irnaningtyas, Erlangga
-Buku Biologi kelas XI BSE
-Buku bacaan yang relevan dari internet
Gresik, 27 Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Gresik Guru
Mata Pelajaran Biologi
Drs. Suswanto, MM Diana Chusnani,S.Pd,M.Pd
NIP. 19650101
198903 1 024 NIP.
19580923 1984 2 005
Lampiran 1 : Instrumen
Penilaian
A. Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap
- Observasi Terhadap Diskusi dan Tanya Jawab
|
No
|
Nama
|
Pernyataan
|
Skor
|
|||||
|
Pengungkapan gagasan yang orisinil
|
Kebenaran Konsep
|
Ketepatan Penggunaan
Istilah
|
||||||
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
|||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: 1 = tidak, 2 = ya
Penilaian sikap untuk setiap
peserta didik dapat menggunakan rumus berikut
|
NILAI: Skor yang diperoleh X 100
2 x jumlah pernyataan
|
2. JURNAL
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Aspek yang diamati :
|
NO
|
HARI/TANGGAL
|
KEJADIAN
|
KETERANGAN / TINDAK LANJUT
|
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
Keterangan:
Nilai jurnal menggunakan skala: Sangat Baik , Baik, Cukup, dan Kurang
B. Lembar
Penilaian Kegiatan Praktikum
Observasi Kegiatan
Praktikum
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI MIPA / 1
Topik/Subtopik : Komponen kimia
penyusun sel, struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai
unit terkecil kehidupan
Indikator
: Peserta didik menunjukkan
perilaku teliti, bertanggung jawab, kerja sama, proaktif, dan santun, sebagai wujud
kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
|
No
|
Nama Siswa
|
Teliti
|
Bertanggung Jawab
|
Kerja sama
|
Proaktif
|
Santun
|
Jumlah Skor
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian sikap dapat
disusun sebagai berikut:
|
ASPEK
|
SKOR
|
DESKRIPTOR
|
|
Teliti
|
1
|
Tidak
teliti sehingga tidak dapat menentukan komponen kimia sel, struktur dan fungsional sel
|
|
2
|
Kadang-kadang
teliti sehingga kurang lengkap dalam menentukan komponen
kimia sel, struktur dan fungsional sel
|
|
|
3
|
Sering teliti
sehingga dapat dengan lengkap
menentukan komponen kimia sel,
struktur dan fungsional sel
|
|
|
4
|
Selalu teliti
sehigga dapat sangat lengkap menentukan komponen
kimia sel, struktur dan fungsional sel sangat lengkap
|
|
|
Bertanggung jawab
|
1
|
Tidak pernah bertanggung
jawab dalam melakukan tugas kelompok
maupun dalam berargumen
|
|
2
|
Kadang-kadang bertanggung
jawab dalam melakukan tugas kelompok
maupun dalam berargumen
|
|
|
3
|
Sering bertanggung
jawab dalam melakukan tugas kelompok
maupun dalam berargumen
|
|
|
4
|
Selalu bertanggung
jawab dalam melakukan tugas kelompok
maupun dalam berargumen
|
|
|
Kerjasama
|
1
|
Tidak pernah bekerjasama
dalam melakukan tugas kelompok dengan
teman satu kelompok maupun kelompok lain dalam satu kelas
|
|
2
|
Kadang-kadang bekerjasama
dalam melakukan tugas kelompok dengan
teman satu kelompok maupun kelompok lain dalam satu kelas
|
|
|
3
|
Sering bekerjasama
dalam melakukan tugas kelompok dengan
teman satu kelompok maupun kelompok lain dalam satu kelas
|
|
|
4
|
Selalu bekerjasama
dalam melakukan tugas kelompok dengan
teman satu kelompok maupun kelompok lain dalam satu kelas
|
|
|
Proaktif
|
1
|
Tidak
pernah proaktif dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan menanggapi gagasan
teman/ kelompok lain selama diskusi materi komponen kimia sel, struktur dan fungsional sel
|
|
2
|
Kadang-kadang
proaktif dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan menanggapi gagasan teman/ kelompok
lain selama diskusi materi komponen kimia sel, struktur
dan fungsional sel
|
|
|
3
|
Sering proaktif
dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan menanggapi gagasan teman/ kelompok
lain selama diskusi materi komponen kimia sel, struktur
dan fungsional sel
|
|
|
4
|
Selalu proaktif
dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan menanggapi gagasan teman/kelompok
lain selama diskusi materi komponen kimia sel, struktur
dan fungsional sel
|
|
|
Santun
|
1
|
Tidak
pernah santun dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan menanggapi gagasan
teman/ kelompok lain selama diskusi materi komponen kimia sel, struktur dan fungsional sel
|
|
2
|
Kadang-kadang
santun dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan menanggapi gagasan teman/ kelompok
lain selama diskusi materi komponen kimia sel, struktur
dan fungsional sel
|
|
|
3
|
Sering
santun dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan menanggapi gagasan teman/ kelompok
lain selama diskusi materi komponen kimia sel, struktur
dan fungsional sel
|
|
|
4
|
Selalu
santun dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan menanggapi gagasan
teman/kelompok lain selama diskusi materi komponen kimia sel, struktur dan fungsional sel
|
Penilaian sikap untuk setiap
peserta didik dapat menggunakan rumus berikut
|
Nilai=
Jumlah skor x 100
20
|
- Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 1
KD 3.1
Organel adalah
organ-organ kecil yang terda.pat dalam sitoplasma. Ukurannya sub mikroskopis
dan terlihat jelas hanya dengan mikroskop elektron. Organel yang dimiliki sel
tumbuhan memiliki beberapa perbedaan dengan organel yang terdapat pada sel sl
hewan
A. Tujuan
1. Mengidentifikasi organel sel tumbuhan
2. Menyebutkan fungsi masing-masing organel sel
tumbuhan
B. Alat dan Bahan
1. Alat tulis
2. Buku biologi kelas XI
3. LCD
C. Cara Kerja
1.
Perhatikan gambar di bawah ini
2.
Jawablah bahan diskusi
D. Bahan diskusi
1.
Apa
fungsi organel-organel sel tumbuhan di bawah ini ? ( dalam tabel )
2.
Organel manakah yang tidak
dimiliki oleh sel hewan ? mengapa ?
3.
Buatlah tabel
perbedaan antara sel tumbuhan dengan sel hewan ?
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 2
KD 3.1
Organel adalah
organ-organ kecil yang terda.pat dalam sitoplasma. Ukurannya sub mikroskopis
dan terlihat jelas hanya dengan mikroskop elektron. Organel yang dimiliki sel
hewan memiliki beberapa perbedaan dengan organel yang terdapat pada sel
tumbuhan
A. Tujuan
1. Mengidentifikasi organel sel hewan
2. Menyebutkan fungsi masing-masing organel sel hewan
B. Alat dan Bahan
1. Alat tulis
2. Buku biologi kelas XI
3. LCD
C. Cara Kerja
1.
Perhatikan gambar di bawah ini
2.
Jawablah bahan diskusi
D. Bahan diskusi
1.
Apa
fungsi organel-organel sel hewan di bawah ini ? (dalam tabel)
2.
Organel manakah yang tidak
dimiliki oleh sel tumbuhan ? mengapa ?
3.
Buatlah tabel
perbedaan antara sel hewan dengan sel tumbuhan ?
Tes
Tulis (Penilaian Harian ): soal Pilihan Ganda
1. Basa nitrogen yang tidak
dimiliki DNA adalah....
a. timin c. sitosin e. guanin
b. urasil d. adenin
2. Organel sel semi otonom yang
memiliki DNA dan ribosom adalah....
a. vakuola dan kloroplas
b. peroksisom dan glioksisom
c. kloroplas dan mitokondria
d. mitokondria dan retikulum endoplasma
e. nukleus dan ribosom
3. Melalui pengamatan mikroskop
cahaya, terlihat bahwa yang membedakan antara sel Hewan dengan sel Tumbuhan
adalah....
a.
Sel hewan bentuknya tak beraturan karena tidak
punya membran sel
b.
Sel hewan bentuknya tak beraturan karena tidak
punya dinding sel
c.
Sel tumbuhan bentuknya beraturan karena punya
membran sel
d.
Sel tumbuhan tampak ada vakuola besar
e.
Sel hewan tampak ada vakuola kecil
4. Sel pada pankreas akan
menggabungkan asam amino yang diberi penanda radioaktif dalam rantai protein yang sedang dibentuk.
Penandaan terhadap protein yang baru disintesis ini memungkinkan para peneliti
menelusuri lokasi protein didalam sel. Pada kasus ini, kita menelusuri enzim
yang disekresikan oleh sel pankreas, manakah jalur pergerakan protein yang
tepat?
a. RE-Badan
Golgi-nukleus
b. Badan
Golgi-RE-Lisosom
c. Nukleus-RE-Badan
Golgi
d. RE-Badan Golgi-vesikel yang berdifusi dengan
membran plasma
e. RE-Lisosom-vesikel yang berdifusi dengan
membran plasma
5. Berikut
ini pernyataan yang salah mengenai
lisosom adalah....
a. berperan
dalam proses penghancuran organel sel yang telah rusak
b. dibungkus oleh satu lapis fospolipid bilayer
c. dibentuk oleh badan Golgi
d. enzim yang terdapat di dalam lisosom
disintesis oleh ribosom bebas
e. berperan dalam autotomi (pelepasan ekor
cecak)
6. Dari studi literatur, pengamatan sel menggunakan mikroskop elektron,
terlihat bahwa sel tumbuhan memilki organel sel yang tidak dijumpai pada sel
hewan. Organel tersebut adalah....
a. glioksisom d. mikrotubulus
b. peroksisom e. sentriol
c. badan
mikro
7. Berikut ini yang berperan
membentuk rangka sel, sehingga apabila dilihat
dengan menggunakan mikroskop terlihat
bentuk sel dengan jelas adalah....
a. mikrofilamen d. Lisosom
b. mikrotubulus e. Badan Golgi
c. badan
mikro
8. Hasil samping proses
respirasi berupa H2O2 yang bersifat racun bagi tubuh, maka racun ini
harus diuraikan sehingga sifat racunnya hilang. Sel yang banyak melakukan
oksidasi seperti sel hati dan sel otot banyak mengandung organel yang berfungsi
menguraikan racun hasil samping respirasi. Organel tersebut adalah....
a. lisosom d. glioksisom
b. ribosom e. peroksisom
c. mesosom
9. Pada sel dijumpai Ribosom
yang menempel pada RE dan ribosom yang tidak menempel pada RE (melayang),
keduanya berfungsi sama yaitu mensintesis protein. Umumnya protein yang
dihasilkan oleh ribosom yang menempel pada RE digunakan untuk....
a. keperluan sel itu sendiri
b. sintesis lipid
c. sintesis protein sekretori
d. detoksifikasi
e. disimpan sebagai cadangan makanan.
10. Organel sel yang berperan mengarahkan
kromosom ke kutub pada saat pembelahan sel adalah….
a. nukleus c. sentromer e. sentriol
b. nukleolus d. mitokondria
Kunci
Jawaban Soal Pilihan Ganda
|
No
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
Jawaban
|
b
|
c
|
b
|
d
|
d
|
a
|
b
|
e
|
c
|
e
|
Catatan:
Bobot soal masing-masing = 10
Skor maksimum = 100
C. Instrumen
Penilaian Kompetensi Ketrampilan
Penilaian Praktik
Topik :
Pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan
|
No
|
Nama
Siswa
|
Persiapan
Percobaan
|
Pelaksanaan
Percobaan
|
Kegiatan
Akhir Percobaan
|
Jumlah
Skor
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Rubrik:
|
No
|
Ketrampilan yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
|
1
|
Persiapan percobaan ( Menyiapkan alat dan bahan)
|
30
|
1. Alat-alat tertata
rapi sesuai dengan keperluannya
2. Rangkaian alat percobaan tersusun dengan
benar dan tepat
3. Bahan-bahan tersedia dengan lengkap
|
|
20
|
Ada 2 aspek yang
terpenuhi
|
||
|
10
|
Ada 1 aspek yang
terpenuhi
|
||
|
2
|
Pelaksanaan Percobaan
|
50
|
1. Mengambil sampel sel
epidermis bawang merah
2. Mengambil sampel sel epitel rongga mulut
3. Membuat preparat basah sampel
4. Menggunakan mikroskop dengan benar
5. Mengamati hasil percobaan dengan tepat
|
|
40
|
Ada 4 aspek yang
terpenuhi
|
||
|
30
|
Ada 3 aspek yang
terpenuhi
|
||
|
20
|
Ada 2 aspek yang
terpenuhi
|
||
|
10
|
Ada 1 aspek yang
terpenuhi
|
||
|
3
|
Kegiatan Akhir
Praktikum
|
20
|
1. Membuang larutan
atau sampah ke tempatnya
2. Membersihkan alat
dengan baik
3. Membersihkan meja
praktikum
4. Mengembalikan alat
ke tempat semula
|
|
15
|
Ada 3 aspek yang
terpenuhi
|
||
|
10
|
Ada 2 aspek yang
terpenuhi
|
||
|
5
|
Ada 1 aspek yang
terpenuhi
|
Keterangan:
Skor maksimal = Persiapan Percobaan + Pelaksanaan
+ Kegiatan akhir
= 100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar